Selasa, 05 Agustus 2008

KPU NTT Gugurkan Lima Calon Anggota DPD

Jumat, 25 Juli 2008 15:07


Kupang, NTT Online - Komisi Pemilihan Umum daerah (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam verifikasi tahap awal menggugurkan lima dari 45 calon anggota DPD RI asal NTT karena tidak memenuhi syarat pencalonan.

Lima calon anggota DPD itu adalah Yoseph Kuek, Thobias Mase, Dr. A.H. Kulugo, Dr. dr. H.A. Fernandez. M.Kes, dan Drs. M. Hamatara, kata Ketua Pokja Pencalonan KPUD Provinsi NTT, Jhon Depa, Kamis.

Jhon Depa yang dikonfirmasi sedang berada di Ende, mengatakan dari lima orang itu ada dua orang yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil yang digugurkan karena tidak bisa menunjukkan surat pengunduran diri sebagai PNS.

Sementara tiga lainnya, gugur karena tidak memenuhi syarat dukungan dan penyebaran wilayah dukungan sebagaimana yang diisyaratkan undang-undang, katanya.

Menurut dia, ada 40 nama yang lolos verifikasi tahap pertama dan mengikuti verifikasi faktual di lapangan untuk memastikan bahwa dukungan yang diberikan oleh masyarakat itu murni dan tidak ada dukungan ganda.

"Artinya, semua calon yang mendaftar akan dicek kelengkapan administrasinya sesuai dengan ketentuan pasal 14 ayat 1 huruf m Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2008, tentang pedoman teknis, tata cara penelitian, verifikasi, penetapan dan pencalonan perseorangan peserta Pemilu anggota DPD RI tahun 2009.

Syarat itu antara lain, minimal mendapat dukungan 2.000 warga pemilih NTT yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.

Dukungan ini, kata dia, harus tersebar di 10 dari 20 kabupaten/kota di NTT.

Mengenai kemungkinan dukungan ganda, dia mengatakan, bagi calon yang diketahui memiliki dukungan ganda dari masyarakat, maka semuanya akan digugurkan.

"Itu ketentuan yang sudah diatur, jadi kalau ada dua atau tiga calon yang menggunakan satu KTP, kita gugurkan semua," katanya.

Semua calon anggota DPD yang lolos akan memperebutkan empat kursi DPD RI periode 2009-2014 dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT), katanya. antara









Tidak ada komentar: