Minggu, 11 April 2010

NTT Butuh Industri Rumput Laut

Sabtu, 10 April 2010 | 14:23 WIB
KEPALA Dinas Perikanan Propinsi NTT, Ir. Ana Salean, mengharapkan agar  PT First Marine Makassar tidak hanya bergerak di bidang usaha budidaya rumput laut.
"Industri rumput laut sudah menjadi kebutuhan  masyarakat NTT, termasuk Kabupaten Kupang karena produksi rumput laut di NTT mengalami peningkatan yang signifikan," kata Ana Salean saat ditemui usai menyaksikan penandatangan MoU budidaya rumput laut antara PT First Marine Makassar dengan Pemerintah Kabupaten Kupang, kemarin.
Meski tanpa merinci berapa besar peningkatan produksi rumput laut di NTT dari tahun ke tahun, Ana Salean menjelaskan, tahun 2009 telah mencapai 165.981 ton. Jumlah ini akan bertambah dengan target pencapaian produktivitas rumput laut tahun 2014 mencapai 2 juta ton/tahun.
Target ini, kata Ana, bakal diraih propinsi NTT dengan pemanfaatan 51.000 hektar lahan rumput laut. Hasil rumput laut mentah telah banyak diekspor. "Kalau ada industri rumput laut, akan lebih banyak manfaatnya bagi masyarakat," ujar Ana Salean. (osa)

Tidak ada komentar: