Sabtu, 10 April 2010

Pemilu Kada TTU: Direncanakan Dana Akan Cair Besok

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTT Online - Ketua KPUD TTU Drs. Aster Da Cunha bersama 4 anggotanya pada Kamis (8/3) menemui Setda, Jack Amfotis Taek terkait pemilu kada TTU. Pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Setda, Amfotis membicarakan rencana penandatangan MOU dan Pencairan dana pemilu Kada.
Pihak KPUD TTU dalam pertemuan tersebut mencoba memberikan beberapa masukan kepada pihak pemda untuk merefleksi konsep yang sebelumnya sudah dibicarakan yakni menyangkut mekanisme pencairan dana Pemilu Kada.
"Tadi kepada setda kami coba memberikan beberapa masukan untuk merefleksi konsep yang sebelumnya sudah dibicarakan yakni menyangkut mekanisme pencairan dana Pemilu Kada", jelas Dolfi Kolo selaku Jubir KPUD TTU.
Lebih lanjut Kolo menjelaskan, " Pada konsep awal, pencairan dana Pemilu akan dilakukan secara bertahap. Namun setelah dilihat kembali aturannya, konsep bertahap itu tidak sesuai dengan yang diamanatkan permendagri 57 tahun 2009 sehingga kami dari pihak KPUD menyarankan untuk direvisi kembali".
Kolo sebagai jubir KPUD mengatakan, dana yang dibutuhkan untuk Pemilu Kada  tahapan I,II  seperti yang diamanatkan Permendagri no 57 tahun 2009, direncanakan akan diserahkan ke rekening KPUD untuk memulai persiapan memasuki tahapan resmi 21 April 2009 mendatang. Dan menyangkut pertanggungjawaban penyerapan ke daerah bawahan sementara untuk bukti - bukti lain dilakukan ketika ada audit dari BPKP setelah selesai tahapan pemilu kada.
Pertemuan yang berlangsung menurut Kolo, pertanda baik dan diresponi oleh  Setda Amfotis namun Amfotis sendiri masih perlu berkomunikasi dengan unsur - unsur terkait lainnya, seperti kepala bagian keuangan nanti menjelang penandatangan mou.
Hasil pembicaraan mengenai mekanisme pencairan dana, kalau tidak ada aral rintangan dana  Pemilu Kada sebesar 16M Rupiah akan dicairkan pada sabtu, 10 april 2010 besok.(ntt online)

Tidak ada komentar: